Kunjungan Dirjen Bimas Hindu ke Pemda Kabupaten Klaten, Sekda: Kami mendukung Upaya Penegerian STHD Klaten

Klaten – Dirjen Bimas Hindu, Dr. Tri Handoko Seto, S.Si, M.Sc, melakukan kunjungan kerja ke Klaten Jawa Tengah pada tanggal 27 Agustus 2020 dengan mengunjungi Kantor Pemda Kabupaten Klaten dan Sekolah Tinggi Hindu Dharma (STHD) Klaten. Kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam rangka melaksanaan pembinaan pendidikan tinggi keagamaan Hindu dan berkoordinasi terkait dengan progres upaya perubahan status STHD Klaten menjadi negeri. Dalam kunjungan kerjanya kali ini Dirjen Bimas Hindu didampingi oleh Kasubdit Pendidikan Tinggi, I Nyoman Witana, S.Ag, M.Si.


Tempat pertama yang dikunjungi oleh Dirjen Bimas Hindu adalah kantor Pemda Kabupaten Klaten. Di sana beliau langsung disambut oleh Sekda Pemda Kabupaten Klaten beserta jajaran pimpinan Pemda. Dalam kunjungannya tersebut Dirjen Bimas Hindu juga didampingi oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Klaten, Ketua STHD Klaten, Ketua Yayasan Widya Aksara Dharma Klaten, Ketua PHDI Kabupaten Klaten, dan tokoh Hindu lainnya.


Dalam kesempatan itu Dirjen menyampaikan menitipkan umat Hindu di sana dan perlunya peningkatkan kerjasama antara Kementerian Agama dan Pemda Klaten dalam beberapa bidang. Dirjen Bimas Hindu juga menyampaikan misi untuk menjadikan STHD menjadi sentral kajian budaya jawa. Selain itu Dirjen memohon bantuan dukungan Pemda pada penegerian STHD Klaten tidak sampai hanya pada keluarnya rekomendasi tetapi diharapkan terus sampai pada realisasi STHD Klaten menjadi negeri.


Menanggapi apa yang Dirjen Bimas Hindu sampaikan, Sekda menyampaikan mendukung STHD Klaten untuk menjadi negeri. Selain itu Pemda Klaten juga memiliki misi yang sama untuk berkomitmen melaksanakan pelestarian budaya Jawa, dan juga melalui FKUB berupaya menumbuhkan nilai-nilai moderasi beragama.


Selain membahas mengenai penegerian STHD Klaten, Dirjen Bimas Hindu tidak lupa memohon kepada Pemda Klaten untuk menyediakan formasi guru agama Hindu, karena jumlah guru agama Hindu di Klaten masih jauh belum mencukupi dibanding dengan jumlah siswa Hindu yang ada.


Selanjutnya, Dirjen Bimas Hindu melakukan kunjungan ke Kampus STHD Klaten. Dirjen Bimas Hindu disambut langsung oleh Ketua dan jajaran pimpinan STHD Klaten dan Dewan Pembina STHD Klaten yang didampingi Ketua PHDI Kabupaten Klaten, Ketua Yayasan Widya Aksara Dharma Klaten, Penyelenggara Bimas Hindu Klaten, serta tokoh Hindu lainnya. 


Dalam pertemuan di kampus STHD Klaten tersebut Dirjen menyampaikan harapan besar untuk STHD menjadi penggerak majunya umat Hindu di Nusantara karena STHD tidak hanya akan mengurusi bidang pendidikan, tapi juga budaya dan pariwisata sebagai upaya pembangunan Kabupaten Klaten. Sehingga Dirjen berharap pada teman-teman STHD  dan tokoh Hindu yang ada harus semangat untuk mempersiapkan penegerian STHD Klaten. 


Dirjen Bimas Hindu berpesan harus diseriusi dimana apa yang kurang harus dipenuhi dan selesaikan segala permasalahan untuk menjadikan Sekolah Tinggi Negeri. Dirjen akan memperjuangkan dan membantu memperkuat apa yang menjadi kebutuhan dalam proses penegerian STHD Klaten.


Semoga apa yang kita inginkan bersama segera tercapai. Saling membantu dan mendukung untuk mewujudkan tujuan bersamaan. terang Dirjen Bimas Hindu. Sebelum kunjungan kerja Dirjen Bimas Hindu ke STHD Klaten, sebelumnya Kasubdit Pendidikan Tinggi bersama Tenaga Ahli yang menangani penegerian STHD Klaten, Dr. I Nyoman Yoga Segara, S.Ag, M.Hum juga telah melakukan visitasi dalam rangka membantu mengecek kemajuan dan memverifikasi kelengkapan dokumen persiapan penegerian STHD Klaten.
 
Sumber:
https://bimashindu.kemenag.go.id/media-berita.php?hal=detailberita&id=622&tknfv=0C1C7682B71PUVVNC5SL9F89NGTPB813